TIPS CARA MENGHILANGKAN KETOMBE - HOW TO GET RID OF DANDRUFF

Thursday, March 09, 2017

Assalaamu'alaikum.
Hello, everyone!
Today, I want to write about dandruff and how to get rid of dandruff. Dandruff is a common scalp problem faced by most of the people in the world, including me! Sekitar satu bulan belakangan ini, aku merasa ketombe ku sedang membludak. It was disturbed me, seriously! Bayangin deh, cuma kibas rambut sedikit aja, ketombe pada turun dan berterbangan. Lagi tiduran, ketombe banyak yang nyangkut di bantal. Risih banget, kan!!! Aku pun mulai penasaran dan cari-cari tips cara menghilangkan ketombe how to get rid of dandruff.

Memang sih aku menggunakan hijab saat keluar rumah, sehingga ketombe ini nggak bikin malu di muka umum. Tapi, kalau di rumah, aku merasa sangat terganggu dan walaupun menggunakan hijab, siapa sih yang mau ketombean?

PENYEBAB KETOMBE
Dikutip dari www.headandshoulders.co.id, ada tiga faktor yang dapat menyebabkan ketombe.
  1. Malassezia globosa. Mikroorganisme (semacam jamur) yang dimiliki semua orang dan ada sebagian orang yang sensitif terhadap mikroorganisme ini.
  2. Minyak kulit kepala. Malassezia globosa dapat memakan minyak di kulit kepala kita, yang dikenal dengan sebum.
  3. Sensitivitas individual. Bagaimana kulit kepala bereaksi dengan zat yang ada berbeda-beda pada setiap orang. (IMHO: mungkin juga ada pengaruh dari penggunaan produk hair care yang tidak tepat, atau masih adanya sisa shampoo yang menempel di kulit kepala, dll.)

    Tips cara menghilangkan ketombe intinya adalah menyeimbangkan pH kulit kepala. Merujuk pada artikel di www.livestrong.com, pH yang baik untuk kulit kepala ada di kisaran angka 5. Ini menandakan bahwa pH balance di kulit kepala kita termasuk asam. Padahal, shampoo yang dijual di pasaran umumnya memiliki pH cenderung basa. So, tips cara menghilangkan ketombe utamanya adalah mengembalikan keseimbangan pH menggunakan bahan yang cenderung memiliki pH asam. FYI, pH yang asam sangat membantu menghilangkan ketombe karena pH asam dapat mengurangi pertumbuhan bakteri atau jamur yang ada di kulit kepala.

    Tidak sulit untuk menemukan bahan-bahan yang dapat mengembalikan keseimbangan pH di kulit kepala. Beberapa bahan-bahan ini mungkin ada di dapur kita. Cek, yuk!

    Source: Ritely.com
    Kalau aku, lebih memilih Lemon. Wanginya segar, sangat mudah didapat, dan harganya murah! Kebetulan juga aku punya pohon lemon di halaman rumah (beli bibitnya cuma IDR 20.000 aja loh). Akhirnya, aku mencoba menggunakan Lemon. Nah, sebelum aku kasih tau bagaimana aku menggunakan si lemon, berikut ini aku lampirkan penggunaan lemon untuk beberapa masalah rambut (tidak hanya ketombe).

    Source: theindianspot.com
    Aku sudah mencoba menggosokkan lemon ke kulit kepala, tapi hasilnya tidak terlihat signifikan. Akhirnya aku mencoba dengan cara aku sendiri, yaitu mencampurkan perasan lemon dalam masker rambut atau hair mask.

    Aku pakai hair mask dari Mustika Ratu. Sebelumnya aku sudah pernah pakai hair mask Mustika Ratu ini tapi lagi-lagi tidak terlihat hasil yang signifikan. Ternyata, setelah mencampurkan perasan lemon dan hair mask, hanya perlu 1x pemakaian dan ketombe sudah berkurang 98%. Adapun resep lebih jelas tips cara menghilangkan ketombe versi aku, yaitu sebagai berikut.

    HOW TO GET RID OF DANDRUFF
    You need:
    • Lemon
    • Hair mask (for dandruff)
    • Warm water
    • Shampoo (for dandruff)
    • Bowl
    • Hair brush or brush for mask
    • Towel
    Steps:
    1. Split the lemon in half.
    2. Squeeze lemon and place the lemon extract in a bowl.
    3. Mix the hair mask with lemon extract.
    4. Apply evenly on the entire scalp using a brush mask.
    5. Gently massage the scalp for 10 minutes.
    6. Cover with warm towel for 10 minutes.
    7. Rinse off with shampoo.
    Kesan pertama a.k.a hasil 1x pemakaian aku mulai melihat ketombe ku berkurang bahkan bisa dibilang menghilang! Selain itu, rasa gatal pada kulit kepala juga berkurang. Setelah 1 minggu dari pemakaian pertama, ketombe ku masih belum datang lagi. Jelas dong, aku girang banget! Aku sudah pakai 2x dan masih puas banget dengan hasilnya! Well, karena aku merasa masih tahap "pengobatan", aku rutin menggunakan 1x seminggu selama 1 bulan. Kalau kulit kepala aku rasa mulai sehat, pemakaian hair mask + lemon akan aku kurangi menjadi 2 - 3 minggu sekali. Kenapa? Karena pakai hair mask di rumah tuh rempooong banget untung saja hasilnya sangat memuaskan :D

    Aku benar-benar puas dengan hasilnya. Oleh karena itu, aku share tips cara menghilangkan ketombe versi aku ini untuk teman-teman. Semoga tips cara menghilangkan ketombe ini bermanfaat. Silahkan dicoba, memang rempong banget sih. But, I think this method is worth to try. Ohiya, Hair Mask Cem Ceman Akar Wangi - Mustika Ratu bisa dibeli di toserba/supermarket seperti Carrefour, Yogya Toserba, dll. Untuk harga, aku lupa nih, nggak lebih dari IDR 30.000 (kalau nggak salah ingat).

    Well, last but not least, thank you for reading. See you on my next post!

    Don't forget to follow my blog:
    GFC (you can click "join this site" on the left side of this blog)
    Instagram: @vidazenitha
    Facebook: Vida Zenitha

    Thank you!
    Wassalam.

    You Might Also Like

    8 comments

    1. Aku rasa tips ini bakal berguna banget bagi orang-orang yg ingin hilangin ketombe dengan cara natural, thank you udah sharing Vida :) Kalo aku sendiri, sering pake lemon tapi buat diminum hehehehe :)

      xoxo,

      |CHELSHEAFLO BLOG|
      |FACEBOOK| |INSTAGRAM|

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aku juga suka banget lemon untuk diminum hahaha :D

        Delete
    2. Great tips, I like that it's organic!

      Madame X
      The Flower Duet

      ReplyDelete
    3. Hai Vida, aku juga punya masalah sama ketombe parah gara-gara pakai hijab pas rambut basah. Biasanya aku langsung pakai air lemon ke kepala sambil di user-usrek gitu. Agak perih sih . tapi lumayan manjur, Kapan-kapna coba resep kamu ah, siapa tahu bisa gak perih.


      pretty-moody.blogspot.co.id

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aku pernah coba cuma pakai air lemon aja, tapi nggak ngefek. Jadi kalau untuk aku, harus dicampur dengan hairmask. Dan untungnya sih nggak perih hehehe

        Selamat mencoba :D

        Delete
    4. Aku punya masalah juga sama ketombe, pernah coba pakai lemon tapi malah perih terus merah-merah. Huhu.
      kayanya karena aku gosoknya terlalu effort kali yahh^^


      www.cyanophytaa.net

      ReplyDelete
    5. Wahhhh harus banget di coba nih... makasih sayang tipsnya! :)

      khhrnisa.com

      ReplyDelete

    PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

    PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

    https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

    PART OF BLOGGER PEREMPUAN

    Blogger Perempuan

    Subscribe