COBA 4 CARA INI AGAR TETAP PRODUKTIF SAAT MALAS

Sunday, January 22, 2017

source of main picture: click here.
Apapun pekerjaannya, entah kalian seorang mahasiswa, pekerja kantoran, freelancer, blogger, pasti pernah terserang rasa malas. Salah satu penyebab malas adalah gangguan atau godaan dari lingkungan sekitar kita. Notifikasi dari berbagai aplikasi chatting, notifikasi dari instagram, suara gedar-gedor jedag-jedug dari tetangga yang sedang renovasi rumah, dan masih banyak lagi gangguan lainnya. So, bagaimana mungkin kita bisa menyelesaikan pekerjaan kita saat berbagai gangguan dan godaan itu datang untuk membuat kita malas? Coba lakukan 4 cara ini agar tetap produktif saat malas menyerang!

1. Tata ulang ruang kerja
Ruang kerja yang berantakan tentu membuat siapa pun yang memandangnya akan merasa tidak nyaman. Bayangkan, memandangnya saja sudah membuat tidak nyaman, apalagi kalau harus bekerja di ruang kerja tersebut?! Risih, ya?! Nah, sekarang waktunya untuk menata ulang ruang kerja! Perubahannya tidak harus 100% berbeda. Paling tidak, ayo, bersihkan meja kerja!

Ohiya, tidak semua orang memiliki ruangan yang di khususkan untuk ruang kerja. Bisa jadi, bagian pojok kamar seorang mahasiswa adalah "ruang kerjanya". Jadi, entah itu kamar tidur atau ruang kerja asli, yang penting, ruangan tersebut harus bersih! Jika memang butuh sesuatu yang lebih segar untuk penyemangat tambahan, ide-ide dekorasi ruang kerja sangat banyak di pinterest! Aku pribadi lebih suka dengan design meja kerja yang minimalis seperti gambar di bawah ini.

Source: click here.
Jika kalian suka untuk memajang gambar-gambar lucu, quotes, dan sebagainya, jangan letakkan tepat di hadapan kalian saat bekerja. Pada design ruang yang aku pilih, gambar-gambar dan quotes di letakkan pada dinding bagian samping. Meletakkan terlalu banyak gambar/quotes tepat dihadapan kita bisa mengganggu fokus saat bekerja, loh! Bukannya semangat karena lihat gambar/baca quotes, eeeh malah ngelamun sampai gak sadar sudah lewat berjam-jam. Nggak mau, kan?

2. Set your priority!
Terkadang kita merasa memiliki segudang pekerjaan yang nggak selesai-selesai sehingga seringkali bingung mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Just relax! Tulis daftar semua pekerjaan atau tugas yang ingin diselesaikan. Kemudian, urutkan berdasarkan prioritas. Kamu bisa memprioritaskan berdasarkan deadline terdekat, atau berdasarkan hal yang paling mudah untuk dilakukan.

Setelah berhasil membuat prioritas, kamu bisa memecahnya ke dalam to do list. Karena kondisi kita yang lagi kurang bersemangat, tulislah satu atau maksimal tiga hal/pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari. Menurutku, terlalu banyak menuliskan pekerjaan yang harus selesai dalam satu hari hanya akan membuat aku tambah stress. Intinya, cukup tulis "main goals"-nya saja!

Source: click here.
Kamu bisa tulis to do list di sticky notes dan tempel di dinding tepat di hadapan mu, atau tempel di layar PC. Ini berguna untuk mengingatkan kamu dengan your main goals of the day.

3. Wear your favourite outfit
Mandi dan pakailah pakaian terbaik. Terkesan seperti cara yang biasa saja, ya?! Sudah pasti kalau akan pergi kita mandi terlebih dahulu, kemudian berdandan dan juga berpakaian rapih. Well, cara ke-tiga ini sebetulnya lebih ditujukan untuk yang mengerjakan tugasnya di dalam rumah pribadi atau mahasiswa yang mengerjakan skripsinya di dalam kamar kost.

Source: click here.
Berdasarkan pengalaman pribadi saat mengerjakan skripsi atau pun menulis artikel blog, aku lebih bersemangat dan cenderung produktif apabila hari ku di awali dengan mandi, berdandan, dan memakai pakaian yang aku suka, seolah-olah akan pergi bertemu seseorang yang penting. Bukan berarti pakaian yang glamour, biasa saja seperti pakaian santai. Tapi, bukan baju tidur atau daster atau pajamas, or whatever you called it!

4. Turn off all notification from smartphone
Ketika ruang kerja sudah bersih, pakaian juga sudah rapih, dan kita juga sudah mengetahui target yang harus diselesaikan, it's time to turn off your smartphone! Dengan begitu kamu tidak akan terjebak bermalas-malasan dengan smartphone. Kalau takut karena siapa tau ada telepon penting, oke, kamu cukup non-aktifkan notifikasi dari aplikasi media sosial yang kamu punya. Kamu nggak perlu khawatir ketinggalan update terbaru dari akun yang kamu follow. Tenang saja, kamu bisa turn on smartphone pada jam istirahat atau jam makan siang. At least, selama kamu mengerjakan tugas, kamu tetap bisa fokus dengan maksimal.

Semoga empat cara tersebut bisa bantu kamu untuk tetap produktif saat malas, ya! Ohiya, kamu juga bisa memodifikasinya sesuai dengan kebiasaan masing-masing. Mungkin ada di antara kalian yang lebih fokus jika mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan lagu favorit. It's ok!

Last but not least, I hope this post are usefull. And I hope you all have a great day!
Thank you for reading. See you on my next post!

Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site" on the left side of this blog)
Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

CONTACT
Email: vidazenitha@gmail.com
Line: vida_zenitha

Thank you!

You Might Also Like

7 komentar

  1. Tipsnya bagus banget Vida, di praktekin ah biar semangat lagi ngeblog dan aktifitas lainnya jadi nggak mager lagi hehe :).

    www.destywidy.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih Desty, selamat mencobaaa :)

      Delete
  2. Nice tips Velda! Waktu lagi malas-malasnya, aku paling cocok nglakuin yang nomer 2 sih, soalnya begitu mikir-mikir mau ngapain, pasti ada aja terlintas, akhirnya nggak jadi malas deh! :)) Thanks for the useful tips <3 Btw, let's keep in touch by following each other, dear? Please let me know :)

    xoxo,

    |CHELSHEAFLO BLOG|
    |INSTAGRAM|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Chealshea! Thank you uda main ke sini. Btw, blog kamu baguss bangeeett XD

      Delete
  3. Kalau kerja tapi masih dekat-dekat sama gadget itu godaannya gede banget memang. Kalau bisa dimatiin paket data gadgetnya, trus dijalankan di mode hemat agar gak bisa buka aplikasi macam game dan yang lainnya, demi bisa produktif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap! Kalau gadget masih aktif paket datanya tuuhh bener-bener nggak kerasa kalau udah buang-buang waktu percuma :')

      Delete
  4. benar banget ya kak, saat kerja trus deket dengan handphone memang bawaannya gak fokus..

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe