[REVIEW] OVALE - FACIAL MASK BEDAK DINGIN

Saturday, September 17, 2016

Assalamu'allaikum
Hi everyone ^^
Pernah beberapa tahun lalu aku mengunjungi tanah kelahiranku, Balikpapan - Kalimantan Timur. Balikpapan itu puannaaas, perasaanku sih lebih panas di Balikpapan daripada di Indramayu. Tapi, mirip-mirip gitu sih panasnya hehe. Nah, saat aku berkunjung ke rumah salah satu saudaraku, aku melihat ada tetangga yang pakai bedak dingin. Awalnya aku gak tau kalau itu bedak dingin. Aku tau karena aku tanyakan pada mamah. Kata mamah ku, sesuai dengan namanya "bedak dingin" ya manfaat utamanya biar kulit terasa dingin alias tidak terasa terbakar oleh matahari. Namun ternyata, tidak hanya melindungi dari sengatan matahari, bedak dingin baik juga loh untuk menjaga kesehatan kulit. Konon, bedak dingin ini memang sudah biasa digunakan oleh nenek moyang kita. Wow!

Bahan dasar dari bedak dingin, umumnya adalah beras. Nah, mungkin karena bahan dasar ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, makanya sejak zaman nenek moyang kita bedak dingin ini sudah hits!

Sejak aku tau tentang bedak dingin, aku jadi kepingin nyobain bikin bedak dingin. Tapi lupa melulu, agak ribet juga sih harus tumbuk-tumbuk beras sampai halus. Sampai akhirnya Ovale launching Facial Mask Bedak Dingin (kalau gak salah akhir 2015 ya?) Nah, sebetulnya, aku sudah beli saat awal-awal produk ini muncul. Tapi, baru aku coba beberapa minggu terakhir ini hahaha. Yaudah, yuk, lanjut ke review aku :)
***
Product: Ovale - Facial Mask Bedak Dingin (Whitening)
Price: around IDR 5,500
Where to buy: Toserba, minimarket, supermarket
***

PACKAGING

pada bagian belakang kemasan terdapat deskripsi produk, cara pemakaian, informasi ingredients, informasi produksi, dan expired date
Ovale-Facial Mask Bedak Dingin ada dua varian. Aku pakai yang seri whitening dengan kemasan warna pink. Varian lainnya adalah untuk kulit yang berjerawat yang dikemas dengan kemasan warna hijau. Kemasannya berbahan plastik. Walaupun kemasan berbahan plastik, kita dapat dengan mudah membuka kemasan ini. Selain itu, jika kita belum bisa menghabiskan isinya, kita dapat menutup kembali kemasannya karena pada kemasan ini dilengkapi sistem lock-unlock (apa ya namanya? Pokoknya gitu deh, paham kan maksud aku "lock-unlock" itu gimana hehehe)

PRODUCT DESCRIPTION

HOW TO USE

Well, pada kemasan sudah tertera step-by-step pemakaian masker Bedak Dingin ini. Nah, aku akan membantu untuk memperjelas lagi (walaupun setiap langkah yang dijelaskan di kemasan sudah sangat jelas, gapapa ya :p )
1. BUKA KEMASAN

Ovale-Facial Mask Bedak Dingin pada awalnya berbentuk butiran-butiran berwarna putih. Warna putih ini tentunya karena bahan utama yang digunakan adalah beras (lihat pada bagian ingredients, beras diposisikan pada urutan pertama). Butirannya banyak banget, ya? Iya. Ini bisa kamu pakai berkali-kali. Nah, karena memang dirancang untuk tidak sekali pakai habis, makanya pada kemasan difasilitasi sistem kemasan lock-unlock (kemasan dapat direkatkan kembali). Kalau belum habis, bisa ditaruh kembali ke dalam kemasan dan tidak perlu khawatir terkontaminasi debu atau lain-lain. 

2. TUANGKAN 9-10 BUTIR MASKER PADA WADAH

Berdasarkan pengalamanku, menggunakan 9-10 butir itu kebanyakan loh! Aku sudah aplikasikan full diwajah dan masih tersisa banyak. Hmm masih bisa lah untuk 1x pemakaian lagi (lihat foto aplikasi masker pada akhir langkah). Nah, selanjutnya kalau aku meracik masker ini, aku hanya menggunakan 5-6 butir saja sudah cukup untuk 1x pemakaian. Hemat banget, ya? Apalagi harganya juga super affordable.

3. TAMBAHKAN AIR (SECUKUPNYA)

Berdasarkan cara pemakaian yang tertera dalam kemasan, 9-10 butiran masker dilarutkan dengan 1 sendok makan air. Sayangnya, sendok makan itu gak ada ukuran standarnya, kan? Nah, pas aku coba pakai 1 sendok makan, hmmm adonan masker ku malah jadi super duper encer dan akhirnya aku tambahkan 3 butir masker lagi, deh! So, lebih baik tambahkan sedikit demi sedikit saja airnya, sampai dirasa tekstur maskernya sudah sesuai dengan keinginan.
  
4. HALUSKAN BUTIRAN MASKER
Pelajaran yang bisa aku ambil saat menghaluskan butiran masker ini adalah "sabar dan santai aja". Kenapa? Karena awalnya aku gemes banget menghancurkan si butiran sesaat setelah air dituang. Tapi, hmm susah sist! Butirannya masih keras dan malah lari-lari. Jadi, "sabar dan santai aja"! Tunggu dulu sampai air terserap oleh butiran. Sekitar 1 menit kemudian, lalu haluskan. Nah, butirannya bisa jadi lebih nurut karena sudah gak se-keras awal.
Gak bisa sampai benar-benar halus. But, it's ok!
Well, butiran maskernya memang tidak bisa jadi super halus (atau aku yang kurang telaten?) Tapi, gak masalah, aku masih suka. Kenapa? Karena pada saat aku membilas seolah-olah jadi terasa ada scrub yang super lembut.

5. APLIKASIKAN PADA WAJAH DAN TUNGGU MENGERING (10-15 MENIT)

Sorry! Please, jangan takut lihat foto aku yang lagi maskeran! Hahaha. Foto itu aku ambil saat masker benar-benar sudah mengering dan susaaaah banget untuk senyum. Kalau senyum, nanti maskernya retak (sayang aja sih, padahal habis gitu juga dibilas :p ) Yaah, walaupun tetap terlihat horor, tapi itu sudah berusaha senyum sedikit, kok!

Btw, saat aku lagi maskeran, aku tidak mencium aroma yang menusuk walaupun di ingredients tertulis mengandung fragrance. Jadi, gak bikin pusing deh :D

6. BILAS WAJAH DENGAN MENGGUNAKAN AIR BERSIH
abaikan pipi yang mengembang
Wohooo, setelah menggunakan masker ini wajah terasa lebih bersih, segar, dan kenyal. Pokoknya terasa banget kalau kulit wajahnya jadi sehat (bukan iklan loh, sist!) Pengaplikasian makeup pun jadi lebih flawless. Pokoknya, aku suka dengan hasilnya! Ohiya, aku pakai seri whitening, nah efek whiteningnya gak langsung terlihat instan. Mungkin harus beberapa kali pakai baru bisa terlihat. Tapi, aku pribadi sudah cukup puas dengan efek kulit sehat. 

CONCLUSION
+ Super affordable price (IDR 5,500)
+ Good formula
+ I feel that I have fresh, clean, and healthy skin
+ Moisturize
+ Doesn't have strong fragrance

- It takes too much time to prepare the mask
- whitening effect is not instan (but I don't care)

Repurchase: Yes
***
Sekian review aku tentang Ovale-Facial Mask Bedak Dingin. Btw, masker favorit kalian sekarang apa sih? Kasih tau aku dong supaya aku bisa coba juga. Please, leave your comment on the box below ^^

Thank you sooo much for reading. See you on my next post!

Don't forget to follow my blog via:
GFC (you can click "Join this site" on the left side of this blog)
My instagram: @vidazenitha

PARTNERSHIP
Email: vidazenitha@gmail.com
Line: vida_zenitha

Thank you!
wassalam.

You Might Also Like

10 komentar

  1. balikpapan panas. bontang juga panas vid T.T walo gitu aku tetep cinta Bontang. heeeeh, lama amat lu gak balik ke Balikpapan? sering-sering balik gih, biar ga kangen :3

    nama lain bedak tuh pupur dingin, vid. nenekku biasanya pake siang-siang. emang bener sih, jadi adem di wajah! apalagi pas cuaca terik. orang bugis-banjar tuh yang biasanya kuliat pake ginian.

    kemasan kayak gitu, seingetkku namanya zip lock gitu sih. ya ga sih? xD


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua minggu yg lalu padahal ortu ku ke balikpapan, tapi aku gak bisa ikut :(

      iya bener sih enak pakai pupur dingin gitu pas siang terik matahari *pas lagi rumpi sama tetangga hahaha*, aku ngerasa kalau cuma pakai sunblock mah kalaaah. Sunblock mah gak mengatasi rasa panasnya sengatan matahari soalnya.

      Naaah,, ya ampun sherly, terimakasih XD Iya zip lock. Kaya yg di kemasan2 jajanan itu loh ya hahaha :D

      Delete
  2. Wonderful blog! I love and i follow your blog, please follow me too
    http://alamodenatine.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. aku jg suka pake bedak dingin dulu, cm nyarinya agak susah namanya Saripohatji. skarang Ovale juga udah produce bedak dingin yaaa.. kapan2 coba deh :D

    Oh Dear Bumblebees

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku malah gak tau Saripohatji hehe. Itu belinya dimana ya?

      Delete
  4. Wow, what a great review hun! enjoyed it! What beautiful results. your face is picture perfect <3

    Kayla xo // Kayla's Vibration

    ReplyDelete
  5. sounds nice!
    http://highheelpoodl.blogspot.rs/2016/09/september-wish-list.html

    ReplyDelete
  6. aku pakenya 1butir doang wkwk

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 butir doang untuk 1 muka? Hebat. Hemat banget.. itu 1 bungkus kapan abisnya hahaha
      Waah, aku sih paling cuma cukup untuk bagian hidung dan sedikit sekitar pipi aja kalau 1 butir :D

      Delete
  7. sist mau tnya belinya di mana? beli di balikpapan kah??

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOOF

Photobucket

Subscribe