TIPS ATUR KEUANGAN: TETAP SELAMAT SAMPAI AKHIR BULAN!

Saturday, May 21, 2016

Assalamu'allaikum :D


Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

Halo pembaca setia Polkalicious! Hari ini ternyata sudah tanggal 21. Wow, akhir bulan loh! Biasanya, aku sering banget kewalahan kalau sudah akhir bulan seperti ini. Sekilas tentang #KisahTanggalTuaKu




Aku di Malang sebagai mahasiswa rantau. Gak 100% merantau sih, karena alhamdulillah masih ada nenek dan saudara di sini. Jadi, kalau sudah melilit di akhir bulan, aku sering tuh main ke rumah nenek dan saudara aku karena pasti ditawarin makan XD Lumayanlah, kan termasuk menjaga silaturahmi juga ;) --daripada makan mie instan hahaha-- Tapi, pada bulan ini aku selamat dari masalah uang melilit diakhir bulan hihi.

Yah, memang itu masalah umum, entah kamu sudah berkeluarga atau masih menyandang status sebagai anak kos-kosan yang merantau demi menuntut ilmu di kota orang (seperti aku). Tapi, bukan berarti gak ada jalan keluarnya. Aku nonton video #JadilahSepertiBudi dan kemudian aku mulai berpikir (dan pastinya bertindak) untuk mulai mengatur keuanganku secara detail dan menerapkan suatu strategi diakhir bulan (seperti yang dilakukan Budi ;). Btw, di bawah ini nih video yang aku maksud :)




Penasaran gimana aku mengatur keuangan ku dan strategi apa sih yang aku maksud? Ayo baca sampai selesai. Ikutin tips aku, dan semoga kamu berhasil selamat sampai akhir bulan ;)

1. TENTUKAN ANGGARAN KEUANGAN BULANAN SETIAP AWAL BULAN
Ketika kamu gajian, atau sudah dapat transferan dari orang tua, jangan langsung kalap beli ini dan itu! Ayo tentukan dulu anggaran keuangan kamu untuk satu bulan. Tahap ini adalah tahap paling dasar. Tapi, sangat penting untuk kelanjutan keuangan. Nah, aku akan memberikan contoh bagaimana aku menentukan anggaran keuangan ku ;)
  • Buatlah daftar kebutuhan utama (secara garis besar).
  • Tentukan persentase berapa uang yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan tersebut.
  • Hitunglah nominal uangnya ;) 
*) Anggaran bulanan ini hanya contoh.

2. BUATLAH RINCIAN DAFTAR BELANJAAN, SESUAIKAN KEBUTUHAN!!!
Kalau kamu sudah mengikuti tips pertama dari aku, ayo lanjutkan untuk membuat rinciannya. Terutama, untuk keperluan belanja bulanan. Hal ini penting banget untuk meminimalisir membeli yang bukan kebutuhan. Aku sering banget ngerasain bingung antara kebutuhan dan keinginan. Pas pandangan pertama sih rasanya kebutuhan ( terus, mikir cari-cari alasan/pembenaran biar sesuai kebutuhan dan bisa bawa pulang hihihi). Sayangnya, aku akan merasa menyesal karena yang aku beli itu bukanlah untuk suatu kebutuhan tapi hanya keinginan sesaat. Yah, walaupun kadang rasa menyesal itu hanya datang sesaat hahaha. Tapi, percaya deh! Kebiasaan seperti itu harus perlahan kita hilangkan ;) Karena, menurut pengalaman ku, apapun yang dibeli hanya karena keinginan sesaat akan terasa kurang bermanfaat.

Aku punya tips tambahan nih ketika membuat daftar belanja bulanan. Biasanya aku akan membagi daftar belanja bulanan menjadi dua bagian. Bagian pertama, untuk kebutuhan yang pasti habis setiap 1 bulan sekali dan bagian kedua untuk kebutuhan yang habis dalam jangka waktu 2-3 bulan sekali.


*) Dafar belanjaan ini hanya contoh.
Pemisahan tersebut memudahkan ku untuk tidak lupa apa yang harus aku beli disetiap bulannya, dan selalu cek kebutuhan "jangka waktu 2-3 bulan" apa saja yang sudah habis. Sehingga, aku tidak langsung membeli semua kebutuhan yang padahal masih cukup untuk bulan depannya.

Ohiya, ada saatnya dimana kebutuhan bulananmu akan membengkak, yaitu ketika bahan/keperluan "jangka waktu 2-3 bulan" akan habis dalam waktu yang bersamaan, kita sebut ini kondisi pertama ya. Sedangkan kondisi kedua adalah saat dimana kamu hanya perlu membeli kebutuhan untuk "jangka waktu 1 bulan sekali". Nah, aku akan memberitahukan hal yang terkesan sepele, tapi berperan untuk menyelamatkan keuangan aku. Apakah itu? Aku menyebutnya dengan prinsip "Kemasan Besar Belum Tentu Hemat".

Hemat itu relatif. Misal, ada Body Lotion kemasan 75 ml seharga IDR 30.000,- dan ada Body Lotion kemasan 200 ml seharga IDR 70.000,- Sekilas memang kemasan 200 ml terhitung hemat. Tapi, jika aku sedang berada di kondisi pertama, maka aku akan memilih Body Lotion kemasan 75 ml. Membeli Body Lotion kemasan 200 ml saat aku berada di kondisi pertama tentunya akan membuat pengeluaranku membengkak. Yah, untuk 1 barang tidak apa, tapi kalau aku melakukannya untuk 3-5 barang dengan prinsip "kemasan besar = lebih hemat"??? Aku akan memilih untuk mencukupi kebutuhan 1 bulan saja dulu ;) Karena menurutku, "Kemasan Besar Belum Tentu Hemat".

3. AKTIFLAH UNTUK MENCARI INFORMASI DISKON XD
Ayo cek email kamu SEKARANG! Pastikan kamu berlangganan newsletter dari MatahariMall.com. MatahariMall.com tuh sering banget berbaik hati pada membernya dengan memberikan diskon-diskon istimewaaaa. Aku sudah pernah belanja di MatahariMall.com dan 100% terpercaya. Buruan belanja di MatahariMall.com dan bebaskan diri kamu dari sengsaranya tanggal tua XD

Ohiya, salah satu tawaran menarik dari MatahariMall.com adalah "TTS: Tanggal Tua Surprise". Ayo borong semua keperluan kamu di MatahariMall.com karena kamu tetap bisa Belanja Super UNTUNG di Tanggal Tua!




Jangan lupa, ya! Beli Aja semua kebutuhan mu di MatahariMall.com dan #JadilahSepertiBudi

***

Semoga tulisan aku hari ini bermanfaat :)
Kalau kamu punya tips menarik mengatur keuangan bulanan mu, ayo share dengan cara meninggalkan komentar di blog aku!
Thank you for reading.
Wassalam.

You Might Also Like

7 komentar

  1. halo! nice tips, sebagai sesama mahasiswa rantau kita harus jago menjaga dompet supaya gak mati kelaparan di akhir bulan :"D anyway, aku follow kamu di gfc ;)

    XOXO, The Rainbow Days

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya haha bener banget. Jangan sampai deh makan mie instan terus di akhir bulan XD
      Trimakasih ya sudah follow aku :)

      Delete
  2. Kalau di aku, tips no 1 dan 2 pasti udah berantakan di prtengahan bulan soalnya paling enggak nahan kalau ada makeup2 yg packaging nya unyu minta dicobain, hihii.. kalau yg nomer 3 itu aku banget hahaa
    Good luck ya!

    saycintya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang susah banget nahan beli makeup atau skincare. Kepingin buru-buru coba kalau ada yang baru XD
      Tapi, biasanya aku "berusaha" belanja makeup/skin care itu setiap akhir bulan. Nahannya sampai kebawa mimpi hahaha

      Delete
  3. These are such great tips on budgeting, which can be hard for many to start because it requires us to know where our money is going and sometimes, we need to make adjustments that are difficult, if we're spending too much in certain areas. Thanks so much for sharing and I hope you're having a great start to your week so far!

    XO,

    Jalisa
    www.thestylecontour.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Jalisa, you got what I mean. We need to differentiate about "the necessary" and "the desire" :)
      Thank you so much for stoping by :)

      Delete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe